Bawa
oleh-oleh atau buah tangan atau apa pun istilahnya itu saat lagi berlibur bukan
sesuatu yang baru. Apapun bisa kita jadiin oleh-oleh, mau ikut golongan
orang-orang yang bawa hal yang mainstream -- bawa makanan,
gantungan kunci, baju, sendal jepit yang bertuliskan nama lokasi yang kita
datengin, dan masih banyak lainnya -- atau ikut golongan orang-orang yang gak
bawa sesuatu yang mainstream juga bisa. Yang jadi persoalan
saat mutusin buat bawa oleh-oleh itu, ya apalagi kalo bukan masalah ribet
bawanya (selain faktor budgetyang mesti disiapin buat beli
oleh-oleh, apalagi kalo kita termasuk golongan backpacker yang
apa-apa serba limit). Buat kalian yang mau plesir ke Bali, bisa lho
ngatasin masalah itu sekarang. Yuk, kita kupas hal itu.
Bali,
siapa sih yang gak tertarik sama pesona "pulaunya para Dewa" ini?
Berbagai sudut pulau ini rasanya menarik buat dijelajahi, mulai dari pesona
pantai dan lautnya yang udah terkenal banget (terutama di kalangan peselancar)
ke berbagai penjuru negeri, pesona alam nan hijau dan udara sejuk ala
pegunungan dan pedesaan yang bisa bikin hati tentram dan damai saat
menikmatinya, sampe ke pesona hiburan yang gak akan ada habisnya (kalo
diikutin) dari pagi sampe malem, bahkan sampe ketemu pagi lagi. Yes!
This is our Bali. Semua ada di pulau ini, di Bali.
Plesiran
di Bali gak akan ada habisnya, selalu ada hal baru yang bakal kita temuin, itu
karena pembanguan dan pengembangan wisata dan sarana penunjang hiburan yang gak
ada habisnya. Pembangunan, pengembangan, dan perapihan ada di mana-mana. Itu
semua dilakuin ya apalagi kalo bukan buat manjain kita, para wisatawan supaya
kita makin betah dan gak bosen buat explore-nya. Bali selalu
punya cara buat bikin kita lupa waktu buat bilang "gue mau istirahat aja
lah di hotel, capek keliling mulu. Mau tiduran aja." Gak, itu gak
berlaku di sini. Kalo udah di sini, bawaannya pingin keluar, jelajah, explore.
Ya, lagian sayang juga kalo udah jauh-jauh sampe sini, cuma buat tiduran di
hotel. Itu, menurut saya lho ya. Mungkin kalian punya versi liburan kalian
sendiri.
kalo
udah Jalan dan explore sana-sini, dari satu lokasi ke lokasi
lain, pasti kegoda dong buat terus update aktivitas liburan
kita di sosmed. Entah apa tujuannya, tergantung tujuan kita buat update itu
apa. Dan, dan, dan.. gak jarang banyak temen-temen kita yang komentar di update-an
kita, terus mereka bilang:
"cie yang lagi di Bali.. Jangan lupa oleh-olehnya
kali"
"eh, titip pie susu dong"
"awas
lo lupa bawain gue kaos barong"
Itu
beberapa contohnya lho, sebenernya masih banyak jenis komentar lain, ya tapi
arah dan maksdunya tetep sama, t i t i p o l e h - o l e h. Kita ada di
kondisi yang serba salah sebenernya saat kita mutusin update di
sosmed pas lagi liburan. Kalo di-update begitu, kalo gak di-update kok
kayaknya sayang ya. Oke, buat yang tetep update dan
kena komentar kayak di atas, terus gak enak buat 'gak peduli' sama permintaan
itu - yang kadang agak sedikit mengancam it - ya mau-gak-mau bawain oleh-oleh,
apapun itu bentukannya. Tapi, di sisi lain, "kok gue jadi ribet sendiri
ya, buat bawain mereka" "bagasi gue over deh nih
kebanyakan bawaan" "ini bawanya gimana nanti? gue gak mau kena bagasi
tambahan" "haduh, gue masih mau jalan, kok malah ribet sama bawaan
ini ya?" Hahaha.. masalah klasik, tapi tetep berlanjut sampe
sekarang deh itu, dan kayaknya bakal terus berlanjut deh masalah itu.
Dapet
omongan dan komentar kayak di atas, kayaknya bukan cuma pas kalian atau kita
lagi di Bali sih. Hampir ke mana pun kita plesir/liburan -- apalagi kalo kalian
adalah orang yang peka buat bawain oleh-oleh -- dan terus update liburan
kalian di sosmed, mesti pernah dapet omongan di atas. Ya, itu kayaknya udah
jadi kebiasaan orang Indonesia, saat mereka tau kalo teman/kerabat/keluarga
mereka lagi jalan-jalan. Gak apa-apa juga kok bawain oleh-oleh saat kita
berplesir buat mereka, selama itu gak bikin kita ribet sendiri, dan yang paling
penting gak bikin dompet kita tekor. Sekaligus jadi konsekuensi
karena kita udah 'pamer' liburan kita ke mereka. Dan, daripada pas pulang malah
terima omongan "waduh, cuma bawa baju kotor doang ya". Ya, berbagi
sedikit kebahagiaan, boleh lah, sesekali kok, gak setiap hari.
Dulu,
kita pasti mikir gitu, tapi sekarang gak perlu deh mikir gitu saya rasa, karena
yang saya temuin di Bali, ada gerai oleh-oleh yang bisa jawab masalah klasik
kita itu.
KRISNA,
jawabannya. Hampir setiap orang yang liburan di Bali, mesti pernah denger atau
malah pernah bertransaksi di Krisna. Krisna, pusat oleh-oleh yang terkenal di
Bali ini kayaknya udah berhasil menggeser gaung dan gema nama J**ger yang udah
terkenal sebelumnya di Bali deh saya rasa. Karena kalo dari segi kelengkapan,
menurut saya Krisna juaranya sih. Sebut aja, baju adat Bali. Baju yang biasa
dipake sama masyarakat Bali untuk beraktivitas, bisa lho kalian temuin di sini,
dan kalian jadiin sebagai oleh-oleh. Gak kepikiran kan buat jadiin itu sebagai
oleh-oleh? Terus, ada apa lagi? Apa aja yang kita mau cari di Krisna, kayaknya
ada semua disediain di sini deh, bahkan buat barang-barang gak kepikiran
sebelumnya buat dijadiin buah tangan kayak yang tadi saya sebut di atas, juga
ada dan dijual di sini.
Pusat
gerai oleh-oleh khas Bali yang udah berdiri dari tahun 2007 ini, ada di
beberapa lokasi favorit wisatawan di Bali, sebut aja di kawasan Nusa Indah dan
Ubud. Tapi, gerai Krisna yang saya datengin ini ada di daerah Sunset Road.
Parah sih, ini lengkap banget! Apa aja ada, dari yang awalnya saya cuma mau
beli pie susu (oleh-oleh yang amat-sangat mainstrem dari Bali,
karena saya gak mau ribet mikir mau bawa apa. Prinsipnya: yang penting bawa)
jadi 'lupa daratan' dong. Comot sana-sini, ambil ini-itu, beli ini-itu, dan
hasilnya JREEENNNGG.. sekardus! Mau gimana tuh? Ya, mau-gak-mau, namanya juga lupa daratan. Oke,
mulai melenceng, yuk balik lagi ke bahasan awal.
Oke,
taro lah kalian pas ke sini juga ngelakuin hal yang sama kayak gue, bahkan bisa
lebih kalo kalian emang pecinta belanja. Krisna itu surganya, Bos. Udah
terlanjur belanja, terus baru kepikiran "ini gimana bawanya ya?"
bagasi udah pasti gak cukup, bakal pake bagasi tambahan kayaknya. Kan,
jadi keluar biaya tambahan lagi, kan. Terus ribet bawanya pasti. Wong,
bawa tas yang isinya baju kotor aja udah ribet, belom lagi tentengan lain di
kanan-kiri. Heleh.. ribet kali kau..
Kayak
yang tadi saya bilang, kita gak usah mikirin keribetan itu. Semua udah dijawab
sama Krisna. Toko oleh-oleh super lengkap yang didiriin sama Pak Gusti Ngurah
Anom ini, sekarang udah bekerja sama dan didukung sama jasa ekspedisi JNE.
Siapa yang gak tau JNE? Kalo kalian pernah belanja online atau
pernah kirim barang, mestinya udah akrab sih sama jasa ekspedisi itu.
Maksudnya
kerja samanya tuh kayak apa deh?
Gini,
kayaknya Krisna sama JNE udah bisa nangkep dan baca masalah klasik kita --
terutama yang hobi belanja oleh-oleh pas liburan -- dan mereka udah kasih
solusi ke kita. Apapun dan sebanyak apapun belanjaan kita di Krisna, siap
dikirim oleh JNE lho. Ya, prinsipnya sama aja kayak kirim barang kayak biasa.
Tapi itu jadi solusi banget gak sih buat kita? Iya lah!
Oh,
iya kita juga gak perlu ribet cari-cari di mana gerai JNE-nya, karena gerai JNE
tepat ada di samping kasir Krisna. Makin hebat gak tuh? Yang namanya belanja,
ya mesti barang belanjaan kita dimasukin ke plastik kan. Terus, dikirimnya pake
plastik gitu? Enggak lah..
Barang
belanjaan kita bakal dikemas, buat biaya pengemasannya gratis, tapi kita bakal
dikenain biaya kardus pengiriman. Kita disediain kemasan kardus pengiriman
(dengan tiga opsi ukuran), mulai dari ukuran kecil sampe ukuran besar. Mau
kecil, mau gede kardusnya, harganya tetep sama kok, Rp10.000 per kardus, dan
inget ya. Harga segitu untuk keamaan pengiriman, dan jasa pengemasan barang
belanjaan kita, saya rasa standar kok.
Setelah
barang kita dikemas sama pegawai Krisna, kita bakal diarahin buat ngurus
pengiriman barang di JNE. Ini, kayaknya gak perlu dijelasin panjang lebar,
karena prinsipnya sama kayak kirim barang biasa. Timbang, kasih alamat tujuan,
bayar, dan selesai. Keluar dari gerai Krisna, kita gak perlu ribet bebawaan
plastik kresek atau kardus. Tinggal lenggang-lenggang kaki, terus cabut atau
belanja ke tempat lain tanpa perlu dibuat ribet sama bebawaan yang menggunung.
Poin
menarik dari hal ini, Krisna yang sebelumnya udah memanjakan kita sebagai
konsumennya dengan pelayanan all-in-one store, semakin dimanjakan
sama adanya jasa pengiriman barang yang bekerja sama dengan JNE. Apa yang
dilakuin sama Krisna dengan bekerja sama dengan JNE ini kayaknya bisa jadi
contoh buat para penyedia jasa oleh-oleh khas suatu daerah lain di Indonesia
buat diterapin. Ya, gak lain dan gak bukan, itu buat lebih memanjakan para
konsumen. Oh, dan itu gak cuma berdampak positif buat para konsumennya lho,
tapi itu bisa jadi keuntungan sendiri buat toko oleh-oleh tersebut.
Semakin
konsumen dibikin mudah dan dijauhin dari pikiran 'ribet bawanya', maka semakin
banyak juga konsumen belanja di tempat itu, karena pikiran dan masalah klasik
itu udah terjawab. Selain punya dampak positif buat gerai oleh-oleh dan
konsumen, hal itu juga pastinya berdampak positif juga buat jasa pengiriman.
Jasa pengiriman mereka semakin dikenal namanya, karena makin banyak yang bakal
pake jasa itu.
Ini sih namanya simbiosis mutualisme. Semua
serba diuntungkan. Gerai oleh-oleh untung, jasa pengiriman untung, dan konsumen
juga makin untung. Jadi, gak ada kata ragu lagi buat beli oleh-oleh saat ke
Bali, karena semua udah dimudahkan oleh Krisna. Terima kasih Krisna, kini kau
lebih memanjakanku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar