Selasa, 11 Desember 2018

KRISNA, KINI KAU MAKIN MEMANJAKANKU


Bawa oleh-oleh atau buah tangan atau apa pun istilahnya itu saat lagi berlibur bukan sesuatu yang baru. Apapun bisa kita jadiin oleh-oleh, mau ikut golongan orang-orang yang bawa hal yang mainstream -- bawa makanan, gantungan kunci, baju, sendal jepit yang bertuliskan nama lokasi yang kita datengin, dan masih banyak lainnya -- atau ikut golongan orang-orang yang gak bawa sesuatu yang mainstream juga bisa. Yang jadi persoalan saat mutusin buat bawa oleh-oleh itu, ya apalagi kalo bukan masalah ribet bawanya (selain faktor budgetyang mesti disiapin buat beli oleh-oleh, apalagi kalo kita termasuk golongan backpacker yang apa-apa serba limit). Buat kalian yang mau plesir ke Bali, bisa lho ngatasin masalah itu sekarang. Yuk, kita kupas hal itu.

Bali, siapa sih yang gak tertarik sama pesona "pulaunya para Dewa" ini? Berbagai sudut pulau ini rasanya menarik buat dijelajahi, mulai dari pesona pantai dan lautnya yang udah terkenal banget (terutama di kalangan peselancar) ke berbagai penjuru negeri, pesona alam nan hijau dan udara sejuk ala pegunungan dan pedesaan yang bisa bikin hati tentram dan damai saat menikmatinya, sampe ke pesona hiburan yang gak akan ada habisnya (kalo diikutin) dari pagi sampe malem, bahkan sampe ketemu pagi lagi. Yes! This is our Bali. Semua ada di pulau ini, di Bali.


Plesiran di Bali gak akan ada habisnya, selalu ada hal baru yang bakal kita temuin, itu karena pembanguan dan pengembangan wisata dan sarana penunjang hiburan yang gak ada habisnya. Pembangunan, pengembangan, dan perapihan ada di mana-mana. Itu semua dilakuin ya apalagi kalo bukan buat manjain kita, para wisatawan supaya kita makin betah dan gak bosen buat explore-nya.  Bali selalu punya cara buat bikin kita lupa waktu buat bilang "gue mau istirahat aja lah di hotel, capek keliling mulu. Mau tiduran aja." Gak, itu gak berlaku di sini. Kalo udah di sini, bawaannya pingin keluar, jelajah, explore. Ya, lagian sayang juga kalo udah jauh-jauh sampe sini, cuma buat tiduran di hotel. Itu, menurut saya lho ya. Mungkin kalian punya versi liburan kalian sendiri.

kalo udah Jalan dan explore sana-sini, dari satu lokasi ke lokasi lain, pasti kegoda dong buat terus update aktivitas liburan kita di sosmed. Entah apa tujuannya, tergantung tujuan kita buat update itu apa. Dan, dan, dan.. gak jarang banyak temen-temen kita yang komentar di update-an kita, terus mereka bilang:

"cie yang lagi di Bali.. Jangan lupa oleh-olehnya kali"
"eh, titip pie susu dong"
"awas lo lupa bawain gue kaos barong"

Itu beberapa contohnya lho, sebenernya masih banyak jenis komentar lain, ya tapi arah dan maksdunya tetep sama, t i t i p  o l e h - o l e h. Kita ada di kondisi yang serba salah sebenernya saat kita mutusin update di sosmed pas lagi liburan. Kalo di-update begitu, kalo gak di-update kok kayaknya sayang ya. Oke, buat yang tetep update dan kena komentar kayak di atas, terus gak enak buat 'gak peduli' sama permintaan itu - yang kadang agak sedikit mengancam it - ya mau-gak-mau bawain oleh-oleh, apapun itu bentukannya. Tapi, di sisi lain, "kok gue jadi ribet sendiri ya, buat bawain mereka" "bagasi gue over deh nih kebanyakan bawaan" "ini bawanya gimana nanti? gue gak mau kena bagasi tambahan" "haduh, gue masih mau jalan, kok malah ribet sama bawaan ini ya?"  Hahaha.. masalah klasik, tapi tetep berlanjut sampe sekarang deh itu, dan kayaknya bakal terus berlanjut deh masalah itu.

Dapet omongan dan komentar kayak di atas, kayaknya bukan cuma pas kalian atau kita lagi di Bali sih. Hampir ke mana pun kita plesir/liburan -- apalagi kalo kalian adalah orang yang peka buat bawain oleh-oleh -- dan terus update liburan kalian di sosmed, mesti pernah dapet omongan di atas. Ya, itu kayaknya udah jadi kebiasaan orang Indonesia, saat mereka tau kalo teman/kerabat/keluarga mereka lagi jalan-jalan. Gak apa-apa juga kok bawain oleh-oleh saat kita berplesir buat mereka, selama itu gak bikin kita ribet sendiri, dan yang paling penting gak bikin dompet kita tekor. Sekaligus jadi konsekuensi karena kita udah 'pamer' liburan kita ke mereka. Dan, daripada pas pulang malah terima omongan "waduh, cuma bawa baju kotor doang ya". Ya, berbagi sedikit kebahagiaan, boleh lah, sesekali kok, gak setiap hari.

Dulu, kita pasti mikir gitu, tapi sekarang gak perlu deh mikir gitu saya rasa, karena yang saya temuin di Bali, ada gerai oleh-oleh yang bisa jawab masalah klasik kita itu.

KRISNA, jawabannya. Hampir setiap orang yang liburan di Bali, mesti pernah denger atau malah pernah bertransaksi di Krisna. Krisna, pusat oleh-oleh yang terkenal di Bali ini kayaknya udah berhasil menggeser gaung dan gema nama J**ger yang udah terkenal sebelumnya di Bali deh saya rasa. Karena kalo dari segi kelengkapan, menurut saya Krisna juaranya sih. Sebut aja, baju adat Bali. Baju yang biasa dipake sama masyarakat Bali untuk beraktivitas, bisa lho kalian temuin di sini, dan kalian jadiin sebagai oleh-oleh. Gak kepikiran kan buat jadiin itu sebagai oleh-oleh? Terus, ada apa lagi? Apa aja yang kita mau cari di Krisna, kayaknya ada semua disediain di sini deh, bahkan buat barang-barang gak kepikiran sebelumnya buat dijadiin buah tangan kayak yang tadi saya sebut di atas, juga ada dan dijual di sini.


Pusat gerai oleh-oleh khas Bali yang udah berdiri dari tahun 2007 ini, ada di beberapa lokasi favorit wisatawan di Bali, sebut aja di kawasan Nusa Indah dan Ubud. Tapi, gerai Krisna yang saya datengin ini ada di daerah Sunset Road. Parah sih, ini lengkap banget! Apa aja ada, dari yang awalnya saya cuma mau beli pie susu (oleh-oleh yang amat-sangat mainstrem dari Bali, karena saya gak mau ribet mikir mau bawa apa. Prinsipnya: yang penting bawa) jadi 'lupa daratan' dong. Comot sana-sini, ambil ini-itu, beli ini-itu, dan hasilnya JREEENNNGG.. sekardus! Mau gimana tuh? Ya, mau-gak-mau, namanya juga lupa daratan. Oke, mulai melenceng, yuk balik lagi ke bahasan awal.


Oke, taro lah kalian pas ke sini juga ngelakuin hal yang sama kayak gue, bahkan bisa lebih kalo kalian emang pecinta belanja. Krisna itu surganya, Bos. Udah terlanjur belanja, terus baru kepikiran "ini gimana bawanya ya?" bagasi udah pasti gak cukup, bakal pake bagasi tambahan kayaknya. Kan, jadi keluar biaya tambahan lagi, kan. Terus ribet bawanya pasti. Wong, bawa tas yang isinya baju kotor aja udah ribet, belom lagi tentengan lain di kanan-kiri. Heleh.. ribet kali kau..

Kayak yang tadi saya bilang, kita gak usah mikirin keribetan itu. Semua udah dijawab sama Krisna. Toko oleh-oleh super lengkap yang didiriin sama Pak Gusti Ngurah Anom ini, sekarang udah bekerja sama dan didukung sama jasa ekspedisi JNE. Siapa yang gak tau JNE? Kalo kalian pernah belanja online atau pernah kirim barang, mestinya udah akrab sih sama jasa ekspedisi itu.


Maksudnya kerja samanya tuh kayak apa deh?

Gini, kayaknya Krisna sama JNE udah bisa nangkep dan baca masalah klasik kita -- terutama yang hobi belanja oleh-oleh pas liburan -- dan mereka udah kasih solusi ke kita. Apapun dan sebanyak apapun belanjaan kita di Krisna, siap dikirim oleh JNE lho. Ya, prinsipnya sama aja kayak kirim barang kayak biasa. Tapi itu jadi solusi banget gak sih buat kita? Iya lah!

Oh, iya kita juga gak perlu ribet cari-cari di mana gerai JNE-nya, karena gerai JNE tepat ada di samping kasir Krisna. Makin hebat gak tuh? Yang namanya belanja, ya mesti barang belanjaan kita dimasukin ke plastik kan. Terus, dikirimnya pake plastik gitu? Enggak lah..


Barang belanjaan kita bakal dikemas, buat biaya pengemasannya gratis, tapi kita bakal dikenain biaya kardus pengiriman. Kita disediain kemasan kardus pengiriman (dengan tiga opsi ukuran), mulai dari ukuran kecil sampe ukuran besar. Mau kecil, mau gede kardusnya, harganya tetep sama kok, Rp10.000 per kardus, dan inget ya. Harga segitu untuk keamaan pengiriman, dan jasa pengemasan barang belanjaan kita, saya rasa standar kok.


Setelah barang kita dikemas sama pegawai Krisna, kita bakal diarahin buat ngurus pengiriman barang di JNE. Ini, kayaknya gak perlu dijelasin panjang lebar, karena prinsipnya sama kayak kirim barang biasa. Timbang, kasih alamat tujuan, bayar, dan selesai. Keluar dari gerai Krisna, kita gak perlu ribet bebawaan plastik kresek atau kardus. Tinggal lenggang-lenggang kaki, terus cabut atau belanja ke tempat lain tanpa perlu dibuat ribet sama bebawaan yang menggunung.

Poin menarik dari hal ini, Krisna yang sebelumnya udah memanjakan kita sebagai konsumennya dengan pelayanan all-in-one store, semakin dimanjakan sama adanya jasa pengiriman barang yang bekerja sama dengan JNE. Apa yang dilakuin sama Krisna dengan bekerja sama dengan JNE ini kayaknya bisa jadi contoh buat para penyedia jasa oleh-oleh khas suatu daerah lain di Indonesia buat diterapin. Ya, gak lain dan gak bukan, itu buat lebih memanjakan para konsumen. Oh, dan itu gak cuma berdampak positif buat para konsumennya lho, tapi itu bisa jadi keuntungan sendiri buat toko oleh-oleh tersebut.

Semakin konsumen dibikin mudah dan dijauhin dari pikiran 'ribet bawanya', maka semakin banyak juga konsumen belanja di tempat itu, karena pikiran dan masalah klasik itu udah terjawab. Selain punya dampak positif buat gerai oleh-oleh dan konsumen, hal itu juga pastinya berdampak positif juga buat jasa pengiriman. Jasa pengiriman mereka semakin dikenal namanya, karena makin banyak yang bakal pake jasa itu. 

Ini sih namanya simbiosis mutualisme. Semua serba diuntungkan. Gerai oleh-oleh untung, jasa pengiriman untung, dan konsumen juga makin untung. Jadi, gak ada kata ragu lagi buat beli oleh-oleh saat ke Bali, karena semua udah dimudahkan oleh Krisna. Terima kasih Krisna, kini kau lebih memanjakanku.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar